Situs yang menyajikan informasi otomotif terbaru seputar cara, tips dan trik terbaru dalam mengatasi masalah.

Saturday, November 12, 2016

Tips dan Trik Berhenti di Tanjakan


Mobil merupakan kendaraan sempurna bagi seluruh keluarga Indonesia. Mobil dapat dipakai kemana saja dan kapan saja. Selama perjalanan, tak selamanya akan melewati jalan yang mulus dan lurus saja, bukan? Anda pasti akan melewati jalanan yang berliku, jalanan berlubang, jalanan menanjak, atapun jalanan menurun. Sebagai pengendara yang baik, tentu kita harus bisa melewati semuajenis jalan yang kita tuju dengan mengendarai mobil kita. Salah satu yang paling sulit untuk dikuasai banyak pengendara mobil adalah berhenti atau mengemudi di jalan yang menanjak atau tanjakkan. Bagi yang sudah mahir mengendarai mobil, tentu in merupakan hal yang biasa. Namun ada banyak sekali pengendara baru di era globalisasi ini ynag belum begitu mahir dalam memainkan hand brake ataupun kopling mobil yang dikendarai saat sedang melewati jalan yang menanjak atau henda berhenti di tanjakkan.

Berhenti atau sekedar berkendara melewati tanjakkan sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Ada tips dan trik berhenti di tanjakkan bagi kamu yang belum mengetahui caranya. Tips dan trik berhenti di tanjakkan bagi kamu pengendara mobil diantaranya adalah dengan menggunakan hand brake atau melakukan teknik setengah kopling. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan hand brake atau rem tangan. Apabila kamu sedang berkendara di medan tanjakkan dan kamu harus berhenti untuk melakukan sesuatu yang cukup memakan waktu, kamu bisa saja langsung menarik tuas rem tangan dan pindahkan perseneling ke netral.

Setelah selesai, pindahknan perseneling ke gigi satu dan injak pedal gas. Barulah setelah itu lepas kopling perlahan hingga mobil melaju sembari menurunkan tuas rem tangan. Cara yang kedua adalah teknik setengah kopling. Teknik ini bisa digunakan untuk tanjakkan yang tidak terlalu tinggi, yaitu dengan mengerem laju mobil sambil menginjak pedal kopling dan pedal gas sampai mobil berhenti. Jika ingin berjalan kembali, lepaskan kopling perlahan sambil menginjak pedal gas. Teknik setengah kopling ini sangat boros bahan bakar dan membuat kampas kopling cepat habis. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips dan Trik Berhenti di Tanjakan

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.